RSS

Lomba Kewirausahaan / Enterpreneurship 2016

14 Jan

DATSUN RISING CHALLENGE 2. Lomba konsep / ide wirausaha sosial berhadiah 1 datsun panca go + dan 50juta (5 pemenang)

Datsung Rising Challenge 2 adalah program CSR dalam bidang kewirausahaan yang digelar oleh Nissan Datsun. Berbeda dengan Datsun Rising Challenge I yang mengusung 2 pokok tema yaitu tema wirausaha mandiri dan sosial, pada tahun 2016 ini DRC 2 hanya mengusung tema wirausaha sosial saja. hehehehe…dalam video pengantarnya, digarisbawahi bahwa wirausaha sosial adalah yang kegiatan bisnis yang memberikan dampak positif atau keuntungan untuk lingkungan sekitarnya bahasa kerennya berkontribusi ikut menjawab permasalahan2 sosial yang ada. sebenarnya wirausaha biasa saja juga bisa memberikan dampak positif untuk lingkungan sih, setidaknya jadi lapangan pekerjaan (kalau jalan usahanya..hehe) cuma perbedaan nyatanya kalau wirausaha biasa lebih ke bagaimana saya bisa mencari untung untuk saya, kalau wirausaha sosial bagaimana sekumpulan orang ini bisa mendapat untung dari usaha yang saya lakukan in. kalaupun bukan sekumpulan orang, bisa jadi lingkungan, alam, mahluk hidup yang lain atau semua hal diluar diri kita sendiri mendapat dampak positif dengan gerakan kita. Tidak mudah memang, karena kita tidak boleh menempatkan diri kita sebagai subyek, dan mereka sebagai obyek, justru dibalik, dengan menempatkan mereka sebagai subyek, kita ditantang mendapatkan keuntungan dari situ. istilahnya bahagia dengan membuat orang lain bahagia, kaya dengan membuat orang lain kaya dulu.. wow..

Ya, ini tidak perlu menjalankan usaha terlebih dahulu. Yang dilombakan ini hanya konsep bro… sist.. sangat mudah. Nah, tantangan untuk memikirkan kegiatan bisnis yang tidak hanya menguntungkan saya, tapi berdampak positif untuk sosial apalagi yang bisa ikut menjawab permasalahan sosial itu ,,, itu yang mahal!!! Saya yakin mekanisme ini sengaja diberlakukan untuk mempermudah DRC 2 menyaring para finalis. karena pasti peserta wirausaha sosial lebih sedikit dari wirausaha individu. Dan rasanya sudah pasti  menyaring wirausaha yang mempunyai kepedulian terhadap sosial / lingkungan / oranglain otomatis akanmenyaring wirausaha yang kedepannya mempunyai kontribusi  nyata untuk pembangunan negara. karena untuk menjadi wirausaha sosial dibutuhkan 2 syarat mutlak, yaitu kemampuan berbisnis / melihat peluang bisnis dan kepekaan sosial.

Proposal dikirimkan melalui formulir online dan harus mengikuti ketentuan dan tampilan yang sudah ditentukan. Unduh formulir pendaftaran untuk pengisian data dan proposal. Pengiriman dokumen hanya diperbolehkan via email atau surat elektronik ke breakthrough@datsun.co.id dengan subject suratelektronik “DRC 2 – Nama Lengkap”, file proposal hanya dapat dikirimkan dalam format PDF maksimum 6MB dengan penamaan sebagai berikut “Nama Kota – NamaLengkap – Nama Produk/Jasa”.Tidak diperkenankan mengirimkan dokumen kompetisi dalam bentuk fisik ke Dealer maupun kantor Datsun Indonesia. (Tahun lalu, dokumen dikirim ke dealer langsung dan difoto yang diunggah ke fb sebagai salah satu syarat)

Well, menurut saya mekanismenya semakin memudahkan peserta untuk mengikuti kompetisi tahun ini. walaupun tetap ada syarat maksimal umur yaitu 35 tahun. Selamat mengikuti kompetisi kawan, Anda boleh mendaftar secara mandiri atau kelompok (2 orang) klik di sini : Datsun Rising Challenge 2 . Jangan lupa, paling lambat tanggal 20 Januari 2016 ya tanggal penutupan proposal ide bisnisnya.

WIRAUSAHA MANDIRI 2015, lomba usaha yang sudah berjalan minimal 1 tahun berhadiah 50jt untuk juara 1 dan 40 jt untuk juara 2 (untuk tiap-tiapkategori) dan pendampingan kewirausahaan untuk semua finalis

Kegiatan tahunan

Kegiatan ini sudah rutin diadakan oleh Bank Mandiri sejak tahun 2007. Program Wirausaha Mandiri merupakan salah satu kontribusi Bank Mandiri bagi pertumbuhan ekonomi bangsa Indonesia, yang diwujudkan secara berkesinambungan dan fokus pada generasi muda yang merupakan generasi penerus bangsa. Melalui pelaksanaan program Wirausaha Mandiri, Bank Mandiri ingin mengajak generasi muda menjadi generasi yang mandiri, sehingga bukan hanya menjadi generasi pencari kerja namun mampu menjadi generasi pencipta lapangan pekerjaan. yah itu bisa kita lihat pada tautan pendaftaran wirausaha mandiri diatas. lumayan, kegiatan ini didukung oleh perbankan besar dimana tidak hanya lomba usaha yang sudah berjalan minimal 1 tahun tetapi juga ada pendampingan atau incubator untuk para finalis. menarik memang.

Bidang yang dilombakan

Bidang yang dilombakan terbilang cukup banyak. Ada 5 (lima) Bidang Usaha, yaitu:

Wirausaha Industri, Perdagangan & JasaSuatu : usaha yang menghasilkan produk manufaktur, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, pertambangan, pengembang properti, perhutanan, tekstil serta usaha yang memberikan nilai tambah tanpa memproduksi barang antara lain toko, ritel, keagenan, distributor, konsultan, transportasi, perawatan kesehatan, pendidikan, penerbitan dan percetakan, laundry, travel biro, event organizer. Bidang ini masih dibagi 2 kategori,yaitu kategori mahasiswa program diploma dan sarjana dan kategori mahasiswa S2 dan alumni.

Wirausaha Boga : Suatu usaha yang memberikan nilai tambah dengan memproduksi dan atau memperdagangkan produk pangan antara lain industri pengolah makanan dan minuman, restoran, pemilik merk franchise makanan atau minuman, dan catering.

Wirausaha Kreatif : Wirausaha berbasis pada kreativitas sesuai kategori dari Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif yaitu : Periklanan, Arsitektur, Pasar Barang Seni, Kerajinan, Desain, Fesyen, Video, Film dan Fotografi, Permainan Interaktif, Musik, Seni Pertunjukan, Penerbitan dan Percetakan, Televisi dan Radio, serta Riset dan Pengembangan.

Wirausaha Teknologi : Wirausaha yang menciptakan produk dan layanan berbasis teknologi yang berfokus pada penciptaan inovasi teknologi terapan yang memiliki dampak bagi masyarakat luas. Dibagi 2 kategori yaitu digital dan non digital.

Wirausaha Sosial : Wirausaha berbasis pada praktik social enterprise dan pemberdayaan masyarakat untuk mengatasi masalah sosial yang timbul di masyarat. Dibagi menjadi 2 kategori yaitu Pariwisata dan Kreatif dan Pertanian dan kelautan.

Kriteria Peserta

Kriteria umum peserta adalah WNI, usaha sudah berjalan selama 1 tahun dan lokasi di Indonesia. sementara kriteria khusus adalah sebagai berikut:

  • Kriteria khusus bidang usaha Wirausaha Industri, Perdagangan & Jasa, Boga dan Kreatif yaitu :

Usia maksimum 28 tahun untuk kategori mahasiswa program diploma dan sarjana dan maksimum 35 tahun untuk kategori mahasiswa program pascasarjana dan alumni

  • Kriteria khusus bidang usaha Wirausaha Teknologi yaitu :

Usia maksimum 40 tahun
Peserta boleh perorangan atau tim, namun pada saat pendaftaran dan penjurian hanya diwakili oleh 1 orang/tim.
Usulan teknologi tepat guna yang diajukan bersifat original atau belum pernah mendapatkan penghargaan dari institusi manapun
Memiliki inovasi teknologi tepat guna yang dapat diimplementasikan secara massal
Implementasi inovasi teknologi tersebut dapat memberikan dampak sosial dan mengakselerasi peningkatan kesejahteraan masyarakat
Berpotensi dikembangkan menjadi industri berbasis inovasi teknologi

  • Kriteria khusus bidang usaha Wirausaha Sosial yaitu :

Usia 21 – 45 tahun
Peserta boleh perorangan atau tim, namun pada saat pendaftaran dan penjurian hanya diwakili oleh 1 orang/tim.
Project yang didaftarkan bersifat original dan harus sudah dapat diimplementasikan maksimal dalam 1 tahun ke depan serta belum pernah mendapatkan penghargaan dari institusi manapun.

Mendaftar klik disini :wirausaha mandiri. Proposal paling lambat diterima pada tanggal 30 Januari 2016.

 

Oke, awal tahun monyet mari kita kerja.. kerja… kerja!! yang mau cari tambahan modal segera daftarkan usahanya atau konsep usahanya bagi yang belum punya usaha.. berdoa dan semoga sukses!!

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 14, 2016 inci Uncategorized

 

Tinggalkan komentar